"The Great Hack", Film Dokumenter Netflix Tentang Skandal Data Facebook - Cambridge Analytica












Film dokumenter "The Great Hack" yang dirilis secara online di Netflix ini sekarang sudah bisa dinikmati. Dirilis tanggal 24 Juli 2019 lalu, film dokumenter "The Great Hack" ini wajib harus kamu tonton (bagi pelanggan Netflix). Disutradarai oleh Karim Amer, Jehane Noujaim serta ditulis oleh Karim Amer dan Erin Barnett, film ini mengisahkan tentang kasus yang sempat booming tahun 2014 lalu. Yaitu kasus terkumpulnya 87 juta data pengguna Facebook. Kasus ini juga disebut "Skandal Data Facebook - Cambrige Analytica."

Cambridge Analytica adalah sebuah perusahaan/firma bidang analisa data yang berbasis di London, New York, Washington D.C., Brazil, dan Malaysia. Perusahaan ini diketahui telah memanfaatkan data pribadi para pengguna Facebook untuk pemenangan kampanye presiden Amerika, Donald Trump. Diketahui, sekarang perusahaan ini sudah ditutup dan bangkrut karena semenjak kasus ini, berbagai media telah memberikan cercaan dan makian pada perusahaan ini (alias si Cambridge Analytica tidak kuat menerima semua beban yang ditujukan untuknya gara gara kasus ini). Begitu pula dengan Facebook, Facebook juga tak luput dari kecaman dan cercaan masyarakat hingga harga saham Facebook turun drastis.

Dilansir dari Wikipedia, pada tahun 2015, Ted Cruz telah memanfaatkan data yang bocor ini. Ted memanfaatkan data yang bocor ini untuk dijual dan dibeli oleh politikus lain. Data yang dijual tersebut juga meliputi informasi pribadi para pengguna. Pada bulan Maret 2018, The New York Times, The Guardian dan Channel 4 News merilis laporan yang lebih rinci terkait kebocoran data ini. Karena kasus kebocoran data inilah, diskusi terbuka tentang standar etika perusahaan media sosial, organisasi konsultasi politik, dan politikus pun dimulai. Selain itu, karena kasus ini juga, aktivis hak konsumen menuntut adanya perlindungan bagi konsumen media daring dan hak privasi serta pencegahan misinformasi dan propaganda.










Film ini sudah ditampilkan di SFF (Sundance Film Festival) pada bulan 26 Januari 2019, dan cukup mendapat review yang positif dari kritikus. Di IMDb, film ini mendapat rating 7,1. Di Metascore, dapat skor 67%. Sementara di situs Rotten Tomatoes, film ini mendapat skor 88%. Cukup fresh!




Yap! Sekian dulu postingan kali ini! Semoga bermanfaat!

Apabila ada kekurangan/kesalahan mohon dimaafkan :)

Sampai Jumpa!

Instagram: @reymanjfury

Facebook: Reyman Dhani

Twitter: @reymandhani



Komentar

Baca Juga